DSpace Repository

Peran Guru PAI Sebagai Role Model Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa (Studi di SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet
dc.contributor.author Regita Novita Sari, 21312444
dc.date.accessioned 2025-11-06T08:54:56Z
dc.date.available 2025-11-06T08:54:56Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4288
dc.description.abstract Pembentukan karakter disiplin merupakan bagian penting dalam pendidikan, khususnya di kalangan remaja tingkat SMP. Dalam hal ini, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan strategis sebagai teladan dalam membentuk karakter disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis nilai-nilai disiplin yang diajarkan oleh guru PAI kepada siswa kelas IX Cambridge di SMP Kharisma Bangsa; (2) menganalisis strategi guru PAI sebagai role model dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IX Cambridge di SMP Kharisma Bangsa; dan (3) menganalisis tantangan yang dihadapi guru PAI dalam menjalankan strateginya sebagai role model dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IX Cambridge di SMP Kharisma Bangsa. Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari fenomena menurunnya kedisiplinan siswa, seperti kurang taat terhadap aturan dan lemahnya pengendalian diri dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini berbeda dari penelitian terdahulu karena menitikberatkan pada keteladanan nyata guru PAI dalam kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 8 informan, yaitu: kepala sekolah, 2 guru PAI dan 5 siswa kelas IX Cambridge di SMP Kharisma Bangsa. Teknik Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi dan klasifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai disiplin yang diajarkan oleh guru PAI kepada siswa kelas IX SMP Kharisma Bangsa meliputi disiplin waktu, disiplin ilmu, dan disiplin pribadi. Strategi yang diterapkan guru PAI sebagai role model mencakup: menanamkan aturan yang jelas dan berkelanjutan, menanamkan nilai-nilai disiplin secara langsung dan tidak langsung, dan menjalankan peran guru secara maksimal sebagai pendidik,teladan, fasilitator, pembimbing, dan evaluator. Adapun tantangan yang dihadapi guru PAI yaitu siswa kurang menaati peraturan dan kurang mampu mengatur waktu dalam penggunaan teknologi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Role Model en_US
dc.subject Karakter Disiplin en_US
dc.title Peran Guru PAI Sebagai Role Model Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa (Studi di SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account