Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena Pendidikan karakter
yang saat ini harus menjadi suatu kewajiban bagi seluruh instansi
pendidikan, karena dengan pendidikan karakter menjadikan peserta didik
tidak hanya menjadi cerdas, mempunyai budi pekerti, sopan santun tetapi
juga memiliki jiwa yang kuat. Hal ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi pendidikan karakter melalui penerapan budaya madrasah di
MIN 4 Jakarta Selatan.
Penelitian Ini Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan
pendekatan Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah satu Wakil Kepala
bagian kurikulum, dua Wali kelas, satu guru, dan empat orang siswa.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan
karakter melalui budaya madrasah di MIN 4 Jakarta Selatan berjalan dengan
baik. Implementasi pendidikan karakter dapat terbentuk melalui beberapa
karakter, diantaranya: Kereligiusan, melalui kegiatan pembacaan doa pagi
dan tadarus Al-Qur'an. Kejujuran, seperti memberikan teladan kejujuran
dalam kehidupan sehari-hari. Kepedulian, melalui kegiatan mengunjungi
teman yang sakit. Kedisiplinan, melalui kegiatan dengan pembiasaan
datang ke sekolah tepat waktu tepat waktu. Tanggung jawab, melalui
kegiatan pemberian tugas saat masa pembelajaran. Budaya madrasah dapat
terbentuk melalui kegiatan pembiasaan diantaranya melalui kegiatan rutin
seperti solat berjamaah, melalui kegiatan spontan seperti aturan membuang
sampah pada tempatnya, melalui keteladanan seperti bertutur sapa yang
baik kepada sesama dan melalui pengkondisian seperti menciptakan
lingkungan yang kondusif untuk mendukung proses pembelajaran