DSpace Repository

Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Madrasah di MIN 4 Jakarta Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Khairunisa Nursaidah, 19312159
dc.date.accessioned 2025-11-25T05:12:13Z
dc.date.available 2025-11-25T05:12:13Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4295
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena Pendidikan karakter yang saat ini harus menjadi suatu kewajiban bagi seluruh instansi pendidikan, karena dengan pendidikan karakter menjadikan peserta didik tidak hanya menjadi cerdas, mempunyai budi pekerti, sopan santun tetapi juga memiliki jiwa yang kuat. Hal ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui penerapan budaya madrasah di MIN 4 Jakarta Selatan. Penelitian Ini Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah satu Wakil Kepala bagian kurikulum, dua Wali kelas, satu guru, dan empat orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui budaya madrasah di MIN 4 Jakarta Selatan berjalan dengan baik. Implementasi pendidikan karakter dapat terbentuk melalui beberapa karakter, diantaranya: Kereligiusan, melalui kegiatan pembacaan doa pagi dan tadarus Al-Qur'an. Kejujuran, seperti memberikan teladan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Kepedulian, melalui kegiatan mengunjungi teman yang sakit. Kedisiplinan, melalui kegiatan dengan pembiasaan datang ke sekolah tepat waktu tepat waktu. Tanggung jawab, melalui kegiatan pemberian tugas saat masa pembelajaran. Budaya madrasah dapat terbentuk melalui kegiatan pembiasaan diantaranya melalui kegiatan rutin seperti solat berjamaah, melalui kegiatan spontan seperti aturan membuang sampah pada tempatnya, melalui keteladanan seperti bertutur sapa yang baik kepada sesama dan melalui pengkondisian seperti menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mendukung proses pembelajaran en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Budaya Madrasah en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.title Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Madrasah di MIN 4 Jakarta Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account