DSpace Repository

Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Babatan IV Surabaya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herman
dc.contributor.author Roihana Waliyyul Mursyidah, 12311133
dc.date.accessioned 2020-01-23T03:02:06Z
dc.date.available 2020-01-23T03:02:06Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/429
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Babatan IV Surabaya. Penelitian ini adalah merupakan penelitian survey dengan subjek penelitian kelas V (lima) pada tahun ajaran 2015/ 2016. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya menggunakan pembuatan tabel distribusi frekuensi terhadap angket dan tabel distribusi frekuensi relatif terhadap nilai akhir semester genap pada tahun ajaran 2015/ 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap peningkatan prestasi siswa di SDN Babatan IV Surabaya. Ini terbukti dari respon siswa terhadap penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang cukup baik dan hasil dari nilai akhir ujian siswa semuanya melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Dengan demikian maka dalam penelitian ini Hipotesa Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesa Alternatif (Ha) diterima. Jadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Babatan IV Surabaya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran, Peningkatan, Prestasi en_US
dc.title Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Babatan IV Surabaya en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account