Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menganalisis intensitas salat dhuha berjamaah terhadap
peningkatan kecerdasan spiritual siswa kelas VI SDI Manaratul
Ulum Kebayoran Baru Jakarta Selatan serta upaya-upaya
pendidik dalam menintensifkan pelaksanaan salat dhuha di
sekolah.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif,
pengumpulan data dengan mengadakan angket, observasi, dan
wawancara. Setelah analisis data dilakukan, kemudian
dideskripsikan dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas salat
dhuha berjamaah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual
siswa kelas VI SDI Manaratul Ulum Kebayoran baru Jakarta
Selatan sudah berjalan dengan baik. Mulai diterapkannya salat
dhuha berjamah secara intensif, pendidik juga menerapkan
kepada siswa untuk belajar bagaimana memimpin tahlil,
membaca doa tahlil, dan memimpin doa setelah salat dhuha.
Dalam proses salat dhuha siswa juga kerap tampil untuk belajar
memmpin. Sehingga hasil dari salat dhuha berjamaah secara
intensif berhasil menjadikan siswa yang kecerdasan spiritual
siswanya meningkat baik.