Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi adanya kegiatan Syarhil Qur‘an di
Pondok Pesantren Al-Qur‘aniyyah adalah ekstrakulikuler yang unik dan
menarik yaitu melalui Syarhil Qur‘an, dalam Syarhil Qur‘an terdapat ilmu
retorika, dan banyak santri yang mendapatkan prestasi dari tingkat Kota
sampai tingkat Nasional. Dalam kegiatan ini dibutuhkan pelatih profesional,
serta konsistensi dari para pelatih dan santri dalam pelaksanaan. Penelitian ini
dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Qur‘aniyyah Jurang Mangu Timur
Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi
pengembangan Syarhil Qur‘an di Pondok Pesantren Al-Qur‘aniyyah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Penulis mewawancarai tiga narasumber, yaitu koordinator
Syarhil Qur‘an, Pelatih Syarhil Qur‘an Junior, dan Santri kelas 3 SMA yang
sudah menjuarai di tingkat nasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa
dalam implementasi pengembangan bakat Syarhil Qur‘an dibutuhkan tiga
tahapan utama yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perancanaan
yaitu dengan menetapkan tujuan, dan mempersiapkan kegiatan. Pelaksanaan
yaitu dengan melaksanakan kegiatan. Evaluasi yaitu dengan menilai proses
kegiatan sudah sejauh mana kegiatan tersebut berhasil dan efektif