DSpace Repository

Strategi Guru Tahfiz Al-Quran Dalam Membimbing Siswa Pada Program Ekstra Kurikuler Di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Sukmawati, 21312467
dc.date.accessioned 2025-11-25T06:35:36Z
dc.date.available 2025-11-25T06:35:36Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4306
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru tahfiz dalam membimbing siswa untuk menghafal Al-Qur’an, mengingat masih di temukannya peserta didik di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan yang belum lancar membaca Al-Qur’an. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sekolah menyelenggarakan program Ekstra Kurikuler Tahfiz Al-Qur’an sebagai upaya membangun minat, dan kecintaan serta karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi yang diterapkan oleh guru tahfiz Al-Qur'an dalam membimbing siswa pada program ekstrakurikuler dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pembelajaran Tahfiz di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan. Sumber data primer penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tahfidz Al-Qur’an, dan siswa kelas VIII di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen sekolah, buku, jurnal, serta literatur yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembelajaran tahfiz mencakup tiga tahapan utama: (1) kegiatan pendahuluan, (2) Penyampain informasi, (3) Partisispasi peserta didik, (4) Tes, dan (5) kegiatan lanjutan. Strategi ini berfokus pada pembiasaan, bimbingan intensif, dan penguatan hafalan secara bertahap. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat siswa terletak pada faktor lingkungan, faktor motivasi, serta faktor malas dan adanya ayat yang Panjang dalam menghafal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Tahfiz en_US
dc.subject Tahfiz Al-Quran en_US
dc.subject Ekstra Kurikuler en_US
dc.title Strategi Guru Tahfiz Al-Quran Dalam Membimbing Siswa Pada Program Ekstra Kurikuler Di SMPN 03 Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account