Abstract:
Latar belakang penelitian ini dilandasi pentingnya motivasi baik intrinsik
maupun deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru tahfiẓ dalam
meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur'an di SD Tahfiẓ Jabal
Rahmah Tangerang Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Informan berjumlah 7 orang yang terdiri dari guru tahfiẓ, wakil kepala
sekolah, dan 4 siswa kelas III.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tahfiẓ memiliki peran penting
dalam membangun motivasi siswa melalui pendekatan personal, metode
talaqqi, pemberian reward, dan penanaman nilai keislaman secara konsisten,
faktor pendukung di antaranya adalah lingkungan belajar yang kondusif,
dukungan k eluarga, dan pendekatan komunikatif guru. Sedangkan
hambatan yang ditemukan meliputi kurangnya manajemen waktu, kejenuhan,
serta lemahnya motivasi internal siswa. Strategi yang diterapkan guru seperti
pemberian motivasi secara lisan, keteladanan dalam bersikap dan beribadah,
serta evaluasi hafalan yang dilakukan secara rutin, terbukti efektif dalam
meningkatkan semangat siswa dan membantu mereka, mencapai target
hafalan yang telah ditetapkan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru tahfiẓ sangat penting
dalam keberhasilan program tahfiẓ Al-Qur'an di sekolah. Oleh karena itu,
peningkatan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan spiritual guru menjadi
aspek penting dalam membentuk generasi penghafal Al-Qur'an yang
berkualitas.