Abstract:
Generasi muda saat ini menghadapi tantangan penurunan moral akibat
pengaruh globalisasi dan modernisasi, sehingga lembaga pendidikan dituntut
membentuk karakter religius peserta didik. Salah satu upaya yang ditempuh
adalah program tahfiz Al-Qur’an, karena diyakini mampu menanamkan nilainilai karakter religius. Namun, masih banyak siswa yang fokus pada capaian
hafalan tanpa diiringi perubahan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui implementasi program tahfiz 15 juz dan dampaknya terhadap
pembentukan karakter religius.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek
penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian diniyah,
guru Al-Qur’an, dan enam siswa kelas VIII takhassus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program tahfiz 15 juz di
SMPIT Nur Hikmah Bekasi memberikan kontribusi signifikan dalam
membentuk karakter religius siswa. Program terstruktur melalui perencanaan
dengan target 12-15 juz selama 3 tahun, pelaksanaan rutin dengan tiga sesi
pembelajaran Al-Qur’an, serta evaluasi harian, mingguan, bulanan, dan
semesteran. Program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan hafalan,
tetapi juga menumbuhkan religiusitas secara menyeluruh.