Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran agama islam (PAI)
dalam membentuk karakter dan pengetahuan agama siswa, serta tantangan
globalisasi yang memengaruhi nilai moral generasi muda saat ini. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi
yang diterapkan oleh guru PAI dalam pembelajaran Nahwu Shorof di MI
Ad-Da’wah Jakarta, serta bagaimana strategi yang dapat digunakan untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif,
dengan subjek penelitian yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran Nahwu Shorof, dan 2 orang peserta didik kelas VI MI AdDa’wah Jakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan
dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru PAI di MI Ad-Da’wah
jakarta efektif dalam meingkatkan motivasi belajar peserta didik. Strategi
yang diterapkan meliputi: straetgi langsung, yang di mana guru dan murid
saling berkaitan aktif dalam proses belajar mengajar dan guru
menejalaskan materi secara langsung. Strategi individual, di mana guru
memberikan latihan madiri untuk meningkatkan pemahaman dan
kemandirian peserta didik. Strategi interaktif yang melibatkan diskusi,
tanya jawab, dan kerja kelompok untuk menciptakan suasana belajar yang
lebih hidup dan menyenangkan. Peningkatan motivasi belajar siswa juga
terlihat terpenuhi indikator motivasi belajar, seperti kondisi fisik yang
baik, minat siswa yang tinggi, dan kepercayaan diri peserta didik.