DSpace Repository

Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Nahwu Shorof di MI Ad-Dawah Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Siti Robiatul Adawiyah, 21312461
dc.date.accessioned 2025-11-25T07:13:37Z
dc.date.available 2025-11-25T07:13:37Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4312
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran agama islam (PAI) dalam membentuk karakter dan pengetahuan agama siswa, serta tantangan globalisasi yang memengaruhi nilai moral generasi muda saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam pembelajaran Nahwu Shorof di MI Ad-Da’wah Jakarta, serta bagaimana strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Nahwu Shorof, dan 2 orang peserta didik kelas VI MI AdDa’wah Jakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru PAI di MI Ad-Da’wah jakarta efektif dalam meingkatkan motivasi belajar peserta didik. Strategi yang diterapkan meliputi: straetgi langsung, yang di mana guru dan murid saling berkaitan aktif dalam proses belajar mengajar dan guru menejalaskan materi secara langsung. Strategi individual, di mana guru memberikan latihan madiri untuk meningkatkan pemahaman dan kemandirian peserta didik. Strategi interaktif yang melibatkan diskusi, tanya jawab, dan kerja kelompok untuk menciptakan suasana belajar yang lebih hidup dan menyenangkan. Peningkatan motivasi belajar siswa juga terlihat terpenuhi indikator motivasi belajar, seperti kondisi fisik yang baik, minat siswa yang tinggi, dan kepercayaan diri peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi guru PAI en_US
dc.subject Pembelajaran Nahwu Shorof en_US
dc.subject Motivasi belajar en_US
dc.title Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Nahwu Shorof di MI Ad-Dawah Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account