Abstract:
PAI), Fakultas Tarbiyah, Tahun Akademik 2025.
Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa siswa yang memiliki
kemampuan yang beragam. peneliti menemukan beberapa peserta didik yang
memiliki kemampuan yang cukup beragam yaitu kemampuan menghafal
siswa yang berbeda-beda, ada yang cepat hafal, tapi ada juga yang lambat
karena daya tangkapnya yang kurang. Selain itu, masih ada siswa yang bacaan
Al-Qur’an yang belum lancar, makharijul hurufnya yang belum tepat, waktu
untuk menghafal yang tersedia terbatas, serta ada pula siswa yang kurang
semangat dan kurang memanfaatkan waktu dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru tahfīẓ dalam
meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs
Negeri 3 Jakarta, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi hambatan
dalam proses tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi
terhadap guru tahfīẓ, siswa, serta pihak sekolah yang berjumlah 11 informan.
Serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh
guru tahfīẓ meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII
di Mts Negeri 3 Jakarta terdiri dari beberapa strategi, yaitu: 1) Membetulkan
bacaan siswa, 2) Memberikan contoh bacaan, yaitu dengan guru terlebih
dahulu membaca ayat per ayat kemudian diikuti siswa nya, 3) Memberikan
motivasi dan nasihat kepada iswa yang malas menghafal dan memberikan
pujian kepada siswa yang rajin menghafal, 4) mengajak dan membimbing
siswa untuk selalu muraja’ah, 5) Menggunakan metode yang bervariasi.