DSpace Repository

Strategi Guru Tahfīẓ dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 3 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Astri Ultafia, 21312362
dc.date.accessioned 2025-11-25T07:16:39Z
dc.date.available 2025-11-25T07:16:39Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4313
dc.description.abstract PAI), Fakultas Tarbiyah, Tahun Akademik 2025. Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa siswa yang memiliki kemampuan yang beragam. peneliti menemukan beberapa peserta didik yang memiliki kemampuan yang cukup beragam yaitu kemampuan menghafal siswa yang berbeda-beda, ada yang cepat hafal, tapi ada juga yang lambat karena daya tangkapnya yang kurang. Selain itu, masih ada siswa yang bacaan Al-Qur’an yang belum lancar, makharijul hurufnya yang belum tepat, waktu untuk menghafal yang tersedia terbatas, serta ada pula siswa yang kurang semangat dan kurang memanfaatkan waktu dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru tahfīẓ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Jakarta, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru tahfīẓ, siswa, serta pihak sekolah yang berjumlah 11 informan. Serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru tahfīẓ meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di Mts Negeri 3 Jakarta terdiri dari beberapa strategi, yaitu: 1) Membetulkan bacaan siswa, 2) Memberikan contoh bacaan, yaitu dengan guru terlebih dahulu membaca ayat per ayat kemudian diikuti siswa nya, 3) Memberikan motivasi dan nasihat kepada iswa yang malas menghafal dan memberikan pujian kepada siswa yang rajin menghafal, 4) mengajak dan membimbing siswa untuk selalu muraja’ah, 5) Menggunakan metode yang bervariasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Guru Tahfīẓ en_US
dc.subject kemampuan menghafal Al-Quran en_US
dc.subject Tahfīẓ Al-Quran en_US
dc.title Strategi Guru Tahfīẓ dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 3 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account