Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya tantangan baru pada
Pendidikan abad ke-21 yang menuntut untuk mampu menyesuaikan diri
dengan perkembangan global dan kemajuan teknologi. Pembelajaran
berdiferensiasi hadir sebagai solusi untuk memungkinkan peserta didik
berkembang sesuai potensi, minat, dan gaya belajar masing-masing. Tujuan
dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran
berdiferensiasi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Hamidiyah Sawangan Depok.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
Penelitian ini terdiri dari 6 informan, yaitu: Wakil Kepala Sekolah bidang
kurikulum, Guru PAI, serta 4 peserta didik kelas V SDIT al-Hamidiyah dan
Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan menarik Kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran
berdiferensiasi di SDIT al-Hamidiyah telah memenuhi 3 aspek. Pertama,
Diferensiasi Konten mencakup identifikasi kebutuhan belajar siswa,
penyesuaian materi, serta penyediaan sarana dan prasarana, kedua,
Diferensiasi proses yaitu aktivitas belajar siswa yang menarik dengan berbagai
macam metode dan gaya belajar, ketiga, Diferensiasi produk diwujudkan
melalui variasi tugas akhir dengan penilaian dan umpan balik. Melalui
implementasi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat belajar
siswa, dilihat dari beberapa aspek yaitu: perasaan senang terlihat saat siswa
belajar menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, ketertarikan siswa
terlihat dari antusiasme dan sikap positif selama pembelajaran, perhatian siswa
terlihat fokus karena lingkungan belajar yang kondusif, dan keterlibatan siswa terlihat dari keaktifan siswa yang berpartisipasi dalam diskusi kelas dan
mengajukan atau menjawab pertanyaan.