DSpace Repository

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Hamidiyah Sawangan Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Diva Kayla Putri, 21312373
dc.date.accessioned 2025-11-25T07:19:26Z
dc.date.available 2025-11-25T07:19:26Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4314
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya tantangan baru pada Pendidikan abad ke-21 yang menuntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan global dan kemajuan teknologi. Pembelajaran berdiferensiasi hadir sebagai solusi untuk memungkinkan peserta didik berkembang sesuai potensi, minat, dan gaya belajar masing-masing. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Hamidiyah Sawangan Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek Penelitian ini terdiri dari 6 informan, yaitu: Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Guru PAI, serta 4 peserta didik kelas V SDIT al-Hamidiyah dan Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik Kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SDIT al-Hamidiyah telah memenuhi 3 aspek. Pertama, Diferensiasi Konten mencakup identifikasi kebutuhan belajar siswa, penyesuaian materi, serta penyediaan sarana dan prasarana, kedua, Diferensiasi proses yaitu aktivitas belajar siswa yang menarik dengan berbagai macam metode dan gaya belajar, ketiga, Diferensiasi produk diwujudkan melalui variasi tugas akhir dengan penilaian dan umpan balik. Melalui implementasi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat belajar siswa, dilihat dari beberapa aspek yaitu: perasaan senang terlihat saat siswa belajar menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, ketertarikan siswa terlihat dari antusiasme dan sikap positif selama pembelajaran, perhatian siswa terlihat fokus karena lingkungan belajar yang kondusif, dan keterlibatan siswa terlihat dari keaktifan siswa yang berpartisipasi dalam diskusi kelas dan mengajukan atau menjawab pertanyaan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran berdiferensiasi en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Hamidiyah Sawangan Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account