Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III MI Jam’iyyatul Khair Ciputat
pada mata pelajaran Fikih. Latar belakang penelitian ini bermula dari
rendahnya keaktifan siswa yang ditandai dengan kurangnya keterlibatan dalam
diskusi kelas, minimnya antusiasme terhadap pelajaran, serta dominannya
metode ceramah yang menyebabkan suasana belajar menjadi monoton.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di
lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi terhadap guru kelas III B serta empat siswa kelas III B untuk
mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai situasi dan kondisi nyata
dalam proses pembelajaran di kelas III B MI Jam’iyyatul Khair Ciputat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) telah
dilaksanakan secara prosedural dan sesuai dengan tahapan yang semestinya,
yaitu penyajian kelas, pembelajaran dalam kelompok, kompetisi, dan
rekognisi tim. Penerapan metode ini terbukti mampu meningkatkan keaktifan
belajar siswa yang terlihat dari beberapa indikator, yaitu siswa lebih fokus dan
antusias saat memperhatikan penjelasan guru, siswa bekerja sama dengan baik
dalam kelompok, siswa berani menyampaikan pendapat dalam diskusi, siswa
mampu mengambil keputusan bersama dalam kelompok, serta siswa
menunjukkan sikap saling menghargai dan mendengarkan pendapat teman
selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, metode TGT
terbukti efektif dan layak dikembangkan sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa secara optimal.