DSpace Repository

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di MI Jamyyatul Khair Ciputa

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khusna Farida
dc.contributor.author Ridhatul Jannah, 21312446
dc.date.accessioned 2025-11-25T07:22:08Z
dc.date.available 2025-11-25T07:22:08Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4315
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III MI Jam’iyyatul Khair Ciputat pada mata pelajaran Fikih. Latar belakang penelitian ini bermula dari rendahnya keaktifan siswa yang ditandai dengan kurangnya keterlibatan dalam diskusi kelas, minimnya antusiasme terhadap pelajaran, serta dominannya metode ceramah yang menyebabkan suasana belajar menjadi monoton. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru kelas III B serta empat siswa kelas III B untuk mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai situasi dan kondisi nyata dalam proses pembelajaran di kelas III B MI Jam’iyyatul Khair Ciputat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) telah dilaksanakan secara prosedural dan sesuai dengan tahapan yang semestinya, yaitu penyajian kelas, pembelajaran dalam kelompok, kompetisi, dan rekognisi tim. Penerapan metode ini terbukti mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa yang terlihat dari beberapa indikator, yaitu siswa lebih fokus dan antusias saat memperhatikan penjelasan guru, siswa bekerja sama dengan baik dalam kelompok, siswa berani menyampaikan pendapat dalam diskusi, siswa mampu mengambil keputusan bersama dalam kelompok, serta siswa menunjukkan sikap saling menghargai dan mendengarkan pendapat teman selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, metode TGT terbukti efektif dan layak dikembangkan sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa secara optimal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Teams Games Tournament (TGT) en_US
dc.subject Siswa Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.subject Keaktifan belajar en_US
dc.title Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di MI Jamyyatul Khair Ciputa en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account