Abstract:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual,
keagamaan, pengendalian diri kepribadian, kecerdasan yang diperlukan
dirinya, keluarga dan negara. Akan tetapi, rendahnya minat baca dikalangan
siswa Indonesia yang hanya mencapai 0,001% menjadi tantangan signifikan
dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI). Penggunaan metode ceramah yang masih
mendominasi sering kali membuat siswa merasa bosan dan kurang terlibat
aktif, sehingga berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasikan langkah-langkah yang diambil dalam
penerapan metode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan
untuk mengetahui dampak metode diskusi terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan
teknik pengumpulan dan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Serta subjek penelitian ini terdiri dari 4 informan, yaitu: Guru SKI Kelas VIII
dan 3 siswa kelas VIII dan teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data,
pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian mengenai implementasi metode diskusi dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN 3
Jakarta, dilakukan melalui beberapa tahapan yang saling keterkaitan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Secara keseluruhan, implementasi
metode diskusi terbukti mempunyai dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dari segi ketekunan, keuletan, maupun minat
belajar, sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan dan
bermakna.