DSpace Repository

Implementasi Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTsN 3 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khusna Farida
dc.contributor.author Annasthasya Syabani Putri, 21312360
dc.date.accessioned 2025-11-25T07:24:40Z
dc.date.available 2025-11-25T07:24:40Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4316
dc.description.abstract Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri kepribadian, kecerdasan yang diperlukan dirinya, keluarga dan negara. Akan tetapi, rendahnya minat baca dikalangan siswa Indonesia yang hanya mencapai 0,001% menjadi tantangan signifikan dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Penggunaan metode ceramah yang masih mendominasi sering kali membuat siswa merasa bosan dan kurang terlibat aktif, sehingga berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan langkah-langkah yang diambil dalam penerapan metode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui dampak metode diskusi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan dan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta subjek penelitian ini terdiri dari 4 informan, yaitu: Guru SKI Kelas VIII dan 3 siswa kelas VIII dan teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengenai implementasi metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Jakarta, dilakukan melalui beberapa tahapan yang saling keterkaitan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Secara keseluruhan, implementasi metode diskusi terbukti mempunyai dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dari segi ketekunan, keuletan, maupun minat belajar, sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Diskusi en_US
dc.subject Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Implementasi Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTsN 3 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account