Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya teknologi, khususnya di
bidang pendidikan. Di era saat ini, kemajuan teknologi tdak hanya mengubah
metode pembelajaran, tetapi juga mempengaruhi berbagai aspek dalam dunia
pendidikan. Seiring berjalannya waktu, pemanfaatan teknologi yang sesuai
dapat menunjang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dengan lebih
optimal. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dimanfaatkan
di lingkungan sekolah adalah game educaplay. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan penggunaan game educaplay dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di MTs Jam’iyyatul Khair Ciputat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui
beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran
angket. Subjek dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, wali kelas, guru
mata pelajaran Sejarah Kebudyaan Islam, serta empat siswa kelas VIII A.
Proses analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi media
pembelajaran interaktif berupa game educaplay dalam mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs Jam’iyyatul Khair berlangsung secara efektif.
Pelaksanaannya menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan bantuan
game educaplay berjalan lancar, ditandai dengan kemampuan guru dalam
menyampaikan materi yang cukup jelas serta keterampilan dalam
mengoperasikan platform teknologi tersebut yang sangat baik. Siswa pun
menunjukkan peningkatan motivasi dalam belajar sejarah Kebudayaan Islam,
terlihat dari rasa ingin tahu yang tinggi, antusiasme dalam menyelesaikan
tugas, kedisiplinan dalam mengumpulkan tugas tepat waktu, dan hasil nilai
yang dicapai siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memenuhi
standar KKM