DSpace Repository

Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Game Educaplay dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Jam’iyyatul Khair Ciputat Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Kamilatuzahra, 21312402
dc.date.accessioned 2025-11-25T08:01:09Z
dc.date.available 2025-11-25T08:01:09Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4322
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya teknologi, khususnya di bidang pendidikan. Di era saat ini, kemajuan teknologi tdak hanya mengubah metode pembelajaran, tetapi juga mempengaruhi berbagai aspek dalam dunia pendidikan. Seiring berjalannya waktu, pemanfaatan teknologi yang sesuai dapat menunjang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dengan lebih optimal. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dimanfaatkan di lingkungan sekolah adalah game educaplay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan game educaplay dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Jam’iyyatul Khair Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Subjek dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran Sejarah Kebudyaan Islam, serta empat siswa kelas VIII A. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi media pembelajaran interaktif berupa game educaplay dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Jam’iyyatul Khair berlangsung secara efektif. Pelaksanaannya menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan bantuan game educaplay berjalan lancar, ditandai dengan kemampuan guru dalam menyampaikan materi yang cukup jelas serta keterampilan dalam mengoperasikan platform teknologi tersebut yang sangat baik. Siswa pun menunjukkan peningkatan motivasi dalam belajar sejarah Kebudayaan Islam, terlihat dari rasa ingin tahu yang tinggi, antusiasme dalam menyelesaikan tugas, kedisiplinan dalam mengumpulkan tugas tepat waktu, dan hasil nilai yang dicapai siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memenuhi standar KKM en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Media Pembelajaran Interaktif en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.subject Game Educaplay en_US
dc.title Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Game Educaplay dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Jam’iyyatul Khair Ciputat Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account