Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya tantangan dalam
menjaga dan meningkatkan kualitas hafalan siswa SMP yang sedang berada
dalam fase perkembangan kognitif dan emosional. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menggambarkan strategi guru taḥfīẓ dalam meningkatkan kualitas
hafalan Al-Qur’an di SMP Islam Ibnu Umar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber
utama data penelitin ini adalah kepala sekolah, guru taḥfīẓ, dan 9 siswa.
Teknik pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi non partisipasi
aktif, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Adapun untuk analisis
data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru taḥfīẓ dalam
meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di SMP Islam Ibnu Umar,
menerapkan berbagai strategi yang komprehensif, adaptif, dan kontekstual
dalam menunjang pencapaian hafalan siswa. Strategi-strategi tersebut
mencakup pelaksanaan setoran hafalan individu, muraja’ah terstuktur secara
harian, serta metode halaqah kelompok yang mendorong keterlibatan aktif
antar sesama siswa. Selain itu, guru juga melakukan penguatan motivasi
spiritual melalui pembinaan karakter Qur’ani dan penyampaian nasihat yang
inspiratif.