DSpace Repository

Strategi Guru Taḥfīẓ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Quran Siswa SMP Islam Ibnu Umar Ciputat Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Shopiyah
dc.contributor.author Aisyah Iskandar, 21312354
dc.date.accessioned 2025-11-25T08:05:56Z
dc.date.available 2025-11-25T08:05:56Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4325
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya tantangan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas hafalan siswa SMP yang sedang berada dalam fase perkembangan kognitif dan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi guru taḥfīẓ dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an di SMP Islam Ibnu Umar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber utama data penelitin ini adalah kepala sekolah, guru taḥfīẓ, dan 9 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi non partisipasi aktif, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru taḥfīẓ dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di SMP Islam Ibnu Umar, menerapkan berbagai strategi yang komprehensif, adaptif, dan kontekstual dalam menunjang pencapaian hafalan siswa. Strategi-strategi tersebut mencakup pelaksanaan setoran hafalan individu, muraja’ah terstuktur secara harian, serta metode halaqah kelompok yang mendorong keterlibatan aktif antar sesama siswa. Selain itu, guru juga melakukan penguatan motivasi spiritual melalui pembinaan karakter Qur’ani dan penyampaian nasihat yang inspiratif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Taḥfīẓ Al-Qur’an en_US
dc.subject Kualitas Hafalan en_US
dc.title Strategi Guru Taḥfīẓ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Quran Siswa SMP Islam Ibnu Umar Ciputat Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account