DSpace Repository

Dampak Teman Sebaya Terhadap Motivasi Siswa untuk Menyelesaikan Target Hafalan Al-Quran di Pondok Pesantren Misbahul Huda Al-Amiriyah Kabupaten Tegal

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Nasya Isfandiari Nafa, 21312427
dc.date.accessioned 2025-11-25T08:08:36Z
dc.date.available 2025-11-25T08:08:36Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4326
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran lingkungan teman sebaya dalam membentuk motivasi siswa, khususnya dalam menyelesaikan target hafalan Al-Qur’an di lingkungan pondok pesantren. Meskipun banyak santri berhasil mencapai target hafalan, masih ditemukan sebagian siswa yang mengalami penurunan motivasi dan belum berhasil memenuhi target yang telah ditentukan. Teman sebaya sebagai bagian dari lingkungan sosial terdekat memiliki dampak besar dalam mendorong atau bahkan menghambat semangat menghafal Al-Qur’an. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana dampak lingkungan teman sebaya terhadap motivasi siswa untuk menyelesaikan target hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Misbahul Huda Al-Amiriyah Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa putri kelas VII, VIII, dan IX di Pondok Pesantren Misbahul Huda Al-Amiriyah Kabupaten Tegal. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teman sebaya memberikan dampak yang kuat terhadap motivasi siswa dalam menyelesaikan target hafalan AlQur’an. Teman sebaya yang memberikan dukungan positif, seperti saling memberi semangat, belajar bersama, dan saling mengingatkan, terbukti meningkatkan motivasi siswa. Sebaliknya, lingkungan pertemanan yang kurang mendukung justru melemahkan semangat siswa dalam menghafal. Selain itu, ditemukan bahwa siswa lebih terbuka dan merasa nyaman dalam menyampaikan keluh kesah kepada teman sebayanya dibandingkan kepada guru atau orang tua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keberadaan teman sebaya sangat berperan dalam mendorong motivasi siswa untuk menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu, pembentukan lingkungan pertemanan yang positif dan suportif di pesantren menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan program tahfiz. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Teman Sebaya en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Hafalan Al-Quran en_US
dc.title Dampak Teman Sebaya Terhadap Motivasi Siswa untuk Menyelesaikan Target Hafalan Al-Quran di Pondok Pesantren Misbahul Huda Al-Amiriyah Kabupaten Tegal en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account