DSpace Repository

Penerapan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTs Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Pathatun Ainiyah, 21312436
dc.date.accessioned 2025-11-25T08:44:12Z
dc.date.available 2025-11-25T08:44:12Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4332
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian siswa saat guru mengajar, tidak fokus memperhatikan, serta jenuh dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena pelajaran SKI terkesan membosankan bagi siswa terutama terkait dengan materinya yang menjadi salah satu faktor menurunnya motivasi belajar siswa yang dapat menghambat proses pembelajaran. Salah satu solusi efektif untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan ice breaking dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan informan berjumlah enam orang yaitu kepala sekolah, guru SKI, dan 4 siswa MTs Khazanah Kebajikan. Dalam mengumpulkan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ice breaking pada mata pelajaran SKI di MTs Khazanah kebajikan berjalan dengan baik, dilihat dari 3 aspek dalam penerapan ice breaking. Pertama, suasana belajar menyenangkan terlihat dari siswa semangat dan tidak jenuh dalam proses pembelajaran setelah penerapan ice breaking baik di awal, tengah, maupun akhir, aspek kedua, perhatian mencakup fokus siswa terhadap materi, keterlibatan siswa pada saat proses pembelajaran, ketiga, meningkatkan interaksi, mencakup suasana nyaman dan terbuka. Penerapan ice breaking dapat meningkatkan motivasi siswa dilihat dari beberapa aspek yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, terlihat ketika penerapan ice breaking siswa memperhatikan guru. Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar. Adanya harapan dan cita-cita, terlihat dari kemauan siswa dalam mengingat materi sehingga siswa berprestasi. Adanya penghargaan dalam belajar, terlihat ketika guru memberikan apresiasi kepada siswa dengan poin tambahan. Adanya kegiatan menarik dalam belajar, terlihat guru menerapkan pembelajaran dengan metode dan strategi pembelajaran yang menyenangkan. Adanya lingkungan belajar yang kondusif, terlihat dari suasana kelas yang nyaman, tertib, serta suasana positif bagi siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject ice breaking en_US
dc.subject motivasi belajar en_US
dc.title Penerapan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTs Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account