DSpace Repository

Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunarungu Di Sekolah Khusus (SKh) Assalam 01 Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rohmah
dc.contributor.author Eka Nurojiyati, 21312375
dc.date.accessioned 2025-11-25T08:46:39Z
dc.date.available 2025-11-25T08:46:39Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4333
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik ABK tunarungu yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan, mendengar, dan berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pembelajaran guru PAI dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran bagi peserta didik tunarungu dalam proses pembelajaran PAI di Sekolah Khusus (SKh) Assalam 01 Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek Penelitian ini terdiri dari 5 informan, yaitu Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, dan 3 wali kelas dan guru PAI SKh Assalam 01. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik Kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pembelajaran guru PAI di Sekolah Khusus (SKh) Assalam 01 Tangerang Selatan dirancang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik tunarungu. Guru PAI menggunakan 10 aspek dalam strategi pembelajaran yang dilakukan, diantaranya yaitu: sarana pembelajaran yang belum tersedia secara optimal, penyampaian tujuan pembelajaran secara visual dan konkret karena menggunakan bahasa isyarat dan media, pemberian motivasi melalui kegiatan kreatif dengan mengadakan lomba-lomba, penggunaan media visual dan praktik, penguasaan kelas dengan membentuk letter U agar siswa bisa melihat komunikasi guru secara menyeluruh, penciptaan suasana kondusif dengan metode MMR (Metode Maternal Reflektif), variasi penyajian materi sesuai dengan kemampuan siswa, pemberian kesempatan untuk bertanya melalui film edukasi, penugasan berbasis praktik, serta evaluasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak tunarungu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi pembelajaran en_US
dc.subject ABK Tunarungu en_US
dc.subject Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunarungu Di Sekolah Khusus (SKh) Assalam 01 Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account