DSpace Repository

Penerapan Model Problem Based Learning dalam membentuk akhlak peserta didik pada Era Society 5.0 di MI Ad-Dawah Jakarta Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fajar Syarif
dc.contributor.author Wan Khalizah, 21312476
dc.date.accessioned 2025-11-25T08:49:08Z
dc.date.available 2025-11-25T08:49:08Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4335
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pendidikan dalam membentuk akhlak peserta didik, terutama di era Society 5.0 yang menuntut generasi muda tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter dan akhlak yang baik, maka dari itu dibutuhkan model pembelajaran yang bisa membentuk akhlak peserta didik pada era Society 5.0 sekarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model Problem Based Learning dalam membentuk akhlak peserta didik pada era Society 5.0 di MI Ad-Da’wah Duri Kosambi Cengkareng Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta subjek penelitian ini terdiri dari 4 informan, yaitu: Kepala Sekolah, Guru Kelas 6C, dan 2 peserta didik MI Ad-Da’wah Duri Kosambi Cengkareng Jakarta Barat, dan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di MI Ad-Da’wah Duri Kosambi Cengkareng Jakarta Barat terbukti efektif dalam membentuk akhlak peserta didik. Melalui model ini, peserta didik tidak hanya dilatih untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah, tetapi juga dibiasakan untuk bekerja sama, menghargai pendapat orang lain, serta memiliki tanggung jawab terhadap proses dan hasil belajar, dari situ secara tidak langsung sudah bisa membentuk akhlak peserta didik. Era Society 5.0 menekankan pentingnya integrasi antara kecanggihan teknologi dan nilai-nilai kemanusiaan, sehingga proses pembelajaran tidak hanya fokus pada penguasaan materi, tetapi juga pada pembentukan akhlak dan karakter peserta didik. Melalui PBL, peserta didik dibiasakan untuk aktif, bertanggung jawab, serta mampu mengatasi permasalahan kontekstual dengan strategi yang menjunjung tinggi prinsip etika dan efektif dalam memberikan solusi. Penerapan PBL selaras dengan tuntutan era Society 5.0 yang menekankan pada penguatan karakter dan nilainilai moral di tengah kemajuan teknologi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Problem Based Learning (PBL) en_US
dc.subject Pembentukan Akhlak en_US
dc.subject Era Society 5.0 en_US
dc.title Penerapan Model Problem Based Learning dalam membentuk akhlak peserta didik pada Era Society 5.0 di MI Ad-Dawah Jakarta Barat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account