Abstract:
Pengembangan pembelajaran PAI berbasis TIK sangat penting untuk
menciptakan proses belajar yang efektif, inovatif, dan menyenangkan di
tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui strategi
pengembangan pembelajaran PAI berbasis TIK di SMP Negeri 1
Kalanganyar, Kab. Lebak, 2) menganalisis upaya guru PAI dalam
mengoptimalkan penggunaan TIK guna meningkatkan efektivitas
pembelajaran, dan 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat
dalam pengembangan strategi tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian terdiri dari enam informan: kepala sekolah, guru PAI, koordinator
TIK, dan tiga siswa kelas VIII SMPN 1 Kalanganyar. Analisis data dilakukan
melalui tahap pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pengembangan pembelajaran
PAI berbasis TIK terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran; 2) upaya guru mencakup pengembangan profesional,
penerapan media digital, dan dukungan sarana prasarana; 3) faktor pendukung
meliputi kesiapan SDM, sarana, serta kebijakan sekolah, sedangkan faktor
penghambatnya mencakup gangguan jaringan, kurangnya pelatihan, dan
keterbatasan akses perangkat pada sebagian siswa.