Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi
yang semakin canggih dan jejaring internet yang memengaruhi
dalam dunia pendidikan. Dimana muncul fenomena baru
terhadap proses pembelajaran yang semakin mengaburkan
antara jarak, ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh positif sistem e-Learning terhadap
prestasi belajar. Perumusan masalah dalam penelitian ini yakni
“Apakah sistem e-Learning berpengaruh positif terhadap
prestasi belajar?”.
Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan sampel dipilih secara random
acak sederhana (Simple Random Sampling) dan data dianalisis
menggunakan product moment correlation pearson.
Hasil penelitian ini adalah terdapat faktor positif dan
pengaruh positif yang kuat antara sistem e-Learning terhadap
prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai “r” yaitu 0,877,
berarti bahwa memiliki pengaruh positif yang kuat antara
sistem e-learning terhadap prestasi belajar. Kemudian setelah
dikombinasikan dengan tabel nilai kritik product moment, pada
taraf signifikansi 5% adalah 0,217 dan taraf nilai signifikansi
1% adalah 0,283.
Karena rxy pada taraf signifikansi 5% dan 1% lebih besar
dari rtabel, maka Hipotesa Nol ditolak, sedangkan Hipotesa
Alternatif diterima. Dengan demikian, dalam penelitian ini
terdapat pengaruh positif antara sistem e-learning terhadap
prestasi belajar.