DSpace Repository

Pemanfaatan Sumber Belajar Chatbot AI dalam Menunjang Capaian Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa di MTsN 3 Jakarta Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Rizka Syifania, 21312453
dc.date.accessioned 2025-11-26T02:00:52Z
dc.date.available 2025-11-26T02:00:52Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4340
dc.description.abstract Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Salah satu jenis AI yang semakin populer adalah chatbot, yang digunakan sebagai sumber belajar interaktif dan fleksibel. Namun, pemanfaatan chatbot AI dalam konteks madrasah masih menghadapi berbagai tantangan, seperti larangan penggunaan perangkat digital di kelas, serta potensi dampak negatif terhadap etika dan kemampuan berpikir siswa. Di sisi lain, PAI memiliki urgensi untuk tetap relevan di era digital, agar nilai-nilai spiritual dan moral tetap menjadi fondasi utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana chatbot AI dapat diterima dan dimanfaatkan oleh komunitas madrasah sebagai sumber belajar yang menunjang capaian pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data primer berasal dari hasil wawancara 17 narasumber, yaitu Wakil Bidang Kurikulum, Guru Akidah Akhlak, serta 15 siswa MTsN 3 Jakarta, dan data sekunder terdiri dari buku ajar, screenshot percakapan siswa dengan chatbot, serta dokumen resmi dari sekolah. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot AI menunjang capaian pembelajaran PAI melalui fitur personalisasi, aksesibilitas, interaktivitas, dan bantuan tugas. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam menjelaskan ulang materi, memberi contoh yang relevan, serta melakukan refleksi diri terhadap nilai yang dipelajari. Namun, risiko penyalahgunaan seperti menyalin jawaban tanpa pemahaman tetap ada, sehingga peran guru dalam membimbing pemanfaatan chatbot AI secara etis menjadi krusial. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Chatbot en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Capaian Pembelajaran en_US
dc.subject Tingkat Pemahaman Siswa MTsN en_US
dc.title Pemanfaatan Sumber Belajar Chatbot AI dalam Menunjang Capaian Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa di MTsN 3 Jakarta Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account