Abstract:
Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan ketika peneliti
menemukan pola pembelajaran yang belum berkembang dalam hal penerapan
model pembelajaran yang inovatif yang digunakan oleh para guru di MI
Karisma. Hal tersebut menimbulkan inisiatif peneliti untuk bekerja sama
dengan guru yang mulai menerapkan model pembelajaran berbasis proyek
dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa-siswi pada mata pelajaran akidah
akhlak.. Hal tersebut membuat penulis ingin kaji lebih dalam terkait bagaimana
penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di sekolah
tersebut, apa saja strategi yang digunakan guru tersebut dalam menerapkan
PJBL untuk meningkatkan kreativitas siswa, dan mengamati apa saja
tantangan yang dihadapi guru dalam proses penerapan model pembelajaran
Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas V
di MI Karisma Jakarta Pusat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 informan,
yaitu:kepala sekolah, guru akidah akhlak, wali kelas (kelas V), dan 3 siswa
kelas V di MI Karisma. Teknik anaisis data dilakukan melalui beberapa
tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi guru dalam
menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk
meningkatkan kreativitas siswa kelas V pada mata pelajaran akidah akhlak di
MI Karisma sudah diterapkan dengan sangat baik. Mulai dari proses
perencanaan yan meliputi: penentuan tema yang menarik, pemilihan media
ajar yang tepat, penentuan alur waktu yang dibutuhkan. Kemudian
pelaksanaan (penerapan) yang mencakup kegiatan pembuatan proyek,
monitoring, dan presentasi hasil proyek. Serta evaluasi yang berfokus dari segi
kognitif. Adapun tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada pelajaran akidah akhlak
yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif, dan keterbatasan waktu ditengah
jadwal kegiatan yang padat pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada pelajaran akidah akhlak
yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif, dan keterbatasan waktu ditengah
jadwal kegiatan yang padat