DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sekolah MI KARISMA Jakarta Pusat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pahrurroji
dc.contributor.author Qonita Nadiya, 213124440
dc.date.accessioned 2025-11-26T02:23:19Z
dc.date.available 2025-11-26T02:23:19Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4344
dc.description.abstract Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan ketika peneliti menemukan pola pembelajaran yang belum berkembang dalam hal penerapan model pembelajaran yang inovatif yang digunakan oleh para guru di MI Karisma. Hal tersebut menimbulkan inisiatif peneliti untuk bekerja sama dengan guru yang mulai menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa-siswi pada mata pelajaran akidah akhlak.. Hal tersebut membuat penulis ingin kaji lebih dalam terkait bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di sekolah tersebut, apa saja strategi yang digunakan guru tersebut dalam menerapkan PJBL untuk meningkatkan kreativitas siswa, dan mengamati apa saja tantangan yang dihadapi guru dalam proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas V di MI Karisma Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 informan, yaitu:kepala sekolah, guru akidah akhlak, wali kelas (kelas V), dan 3 siswa kelas V di MI Karisma. Teknik anaisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Karisma sudah diterapkan dengan sangat baik. Mulai dari proses perencanaan yan meliputi: penentuan tema yang menarik, pemilihan media ajar yang tepat, penentuan alur waktu yang dibutuhkan. Kemudian pelaksanaan (penerapan) yang mencakup kegiatan pembuatan proyek, monitoring, dan presentasi hasil proyek. Serta evaluasi yang berfokus dari segi kognitif. Adapun tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada pelajaran akidah akhlak yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif, dan keterbatasan waktu ditengah jadwal kegiatan yang padat pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada pelajaran akidah akhlak yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif, dan keterbatasan waktu ditengah jadwal kegiatan yang padat en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sekolah MI KARISMA Jakarta Pusat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account