DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smait Raflesia Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Faza Karimatul Akhlak
dc.contributor.author Khairunisa Rahmawati, 21312404
dc.date.accessioned 2025-11-26T02:38:43Z
dc.date.available 2025-11-26T02:38:43Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4348
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaiman pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa sebagai salah satu kompetensi utama dalam menghadapi tantangan abad ke-2. Namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pengembangan kreativitasnya, salah satunya dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAIT Raflesia Depok. Pembelajaran kooperatif ini fokus pada tipe Think Pair Share. Metode pembelajaran kooperatif dipilih karena tingkat interaksi dan Kerjasama antar siswa yang diyakini dapat merangsang kreativitas. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data dari responden melalui kuesioner. Populasi yang menjadi focus penelitian Adalah siswa kelas XI di SMAIT Raflesia Depok, dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dan hubungan antara metode pembelajaran TPS dengan berpikir kreatif, namun hanya sedikit. Dari hasil analisis, kita mendapatkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,306. R square 10,5%. Dan uji hipotesis lebih kecil dari 0,05. Nilai ini menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel, tetapi dalam kategori lemah. Dan pengaruh lainnya diluar dari variable model pembelajaran TPS. Temuan ini xxiii mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, yang sangat penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject model pembelajaran kooperatif en_US
dc.subject Pendidikan islam en_US
dc.subject keterampilan berpikir kreatif en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smait Raflesia Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account