Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang masih
kurang fokus dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas,
kesulitan mereka saat mengaitkan materi dengan konteks kehidupan
sehari-hari, dan kurangnya motivasi belajar mereka. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkapkan program model Contextual Teaching and
Learning di kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan, mengetahui
implementasi model Contextual Teaching and Learning dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada Pelajaran PAI di kelas VIII dan
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
mengimplementasikan model pembelajaran CTL pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas tersebut.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data
dan Kesimpulan. Subjek dalam peneliti ini adalah kepala sekolah, guru
PAI dan 3 orang siswa kelas VIII di SMPN 3 Tangerang Selatan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1)Implementasi
model Contextual Teaching and Learning ada tiga tahap yaitu:a
perencanaan: menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP),memilih topik yang relevan,dan menyusun aktivitas pembelajaran
yang mengaitkan teori dengan praktik nyata.b.pelaksanaan: Guru
menggunakan metode diskusi kelompok, tanya jawab, dan presentasi hasil
diskusi untuk melibatkan siswa secara aktif dan guru juga melakukan
refleksi di akhir dengan memberikan tugas kontekstual untuk memperkuat
pemahaman siswa..c.evaluasi kegiatan pembelajaran dilakukan untuk
mengukur hasil proses pembelajaran yang dilakukan perminggu dan
perbulan. 2) Faktor pendukung model CTL yaitu: keterlibatan aktif, sarana prasarana, adapun faktor penghambat, kurangnya pelatihan guru,
keterbatasan waktu belajar, serta karakteristik siswa yang beragam