DSpace Repository

Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMPN 3 Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet
dc.contributor.author Siti Alpiah, 21312459
dc.date.accessioned 2025-11-26T04:27:05Z
dc.date.available 2025-11-26T04:27:05Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4362
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang masih kurang fokus dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, kesulitan mereka saat mengaitkan materi dengan konteks kehidupan sehari-hari, dan kurangnya motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan program model Contextual Teaching and Learning di kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan, mengetahui implementasi model Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Pelajaran PAI di kelas VIII dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan model pembelajaran CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan Kesimpulan. Subjek dalam peneliti ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan 3 orang siswa kelas VIII di SMPN 3 Tangerang Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1)Implementasi model Contextual Teaching and Learning ada tiga tahap yaitu:a perencanaan: menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),memilih topik yang relevan,dan menyusun aktivitas pembelajaran yang mengaitkan teori dengan praktik nyata.b.pelaksanaan: Guru menggunakan metode diskusi kelompok, tanya jawab, dan presentasi hasil diskusi untuk melibatkan siswa secara aktif dan guru juga melakukan refleksi di akhir dengan memberikan tugas kontekstual untuk memperkuat pemahaman siswa..c.evaluasi kegiatan pembelajaran dilakukan untuk mengukur hasil proses pembelajaran yang dilakukan perminggu dan perbulan. 2) Faktor pendukung model CTL yaitu: keterlibatan aktif, sarana prasarana, adapun faktor penghambat, kurangnya pelatihan guru, keterbatasan waktu belajar, serta karakteristik siswa yang beragam en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Contextual Teaching and Learning en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.title Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMPN 3 Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account