Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VII di SMP IT Raflesia
Depok dan untuk mengetahui dampak dari penerapan model tersebut terhadap
proses dan hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
permasalahan rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI
yang disebabkan oleh metode pengajaran konvensional dan kurangnya
keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model CTL diterapkan melalui berbagai langkah atau
strategi pembelajaran seperti konstruktivisme, inquiry, questioning, learning
community, modeling, reflection dan authentic assessment. Implementasi CTL
mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kolaboratif dan
kontekstual sehingga meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap
materi PAI. Meskipun ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan waktu
dan belum meratanya pemahaman guru tentang CTL secara umum penerapan
model ini menunjukkan hasil yang positif. Model CTL memungkinkan siswa
menghubungkan materi PAI dengan kehidupan nyata sehingga pembelajaran
menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merekomendasikan agar guru PAI
lebih mengembangkan pemahaman dan kreativitas dalam menerapkan CTL,
serta adanya dukungan sekolah dalam penyediaan sarana dan pelatihan. Model
CTL dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran PAI di jenjang SMP.