DSpace Repository

Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP IT Raflesia Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Hafidzatun Rasyidah, 21312385
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:03:36Z
dc.date.available 2025-11-26T05:03:36Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4368
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VII di SMP IT Raflesia Depok dan untuk mengetahui dampak dari penerapan model tersebut terhadap proses dan hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI yang disebabkan oleh metode pengajaran konvensional dan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CTL diterapkan melalui berbagai langkah atau strategi pembelajaran seperti konstruktivisme, inquiry, questioning, learning community, modeling, reflection dan authentic assessment. Implementasi CTL mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kolaboratif dan kontekstual sehingga meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Meskipun ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dan belum meratanya pemahaman guru tentang CTL secara umum penerapan model ini menunjukkan hasil yang positif. Model CTL memungkinkan siswa menghubungkan materi PAI dengan kehidupan nyata sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merekomendasikan agar guru PAI lebih mengembangkan pemahaman dan kreativitas dalam menerapkan CTL, serta adanya dukungan sekolah dalam penyediaan sarana dan pelatihan. Model CTL dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di jenjang SMP. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Contextual Teaching and Learning (CTL) Pendidikan Agama Islam (PAI), . en_US
dc.subject Implementasi Model Pembelajaran en_US
dc.title Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP IT Raflesia Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account