DSpace Repository

Hubungan Adversity Quotient Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Anggota Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakart

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Fina Hadziqatur Rahmah, 21312381
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:18:17Z
dc.date.available 2025-11-26T05:18:17Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4371
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan seseorang dalam menghadapi suatu masalah. Adversity Quotient merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki seseorang untuk tetap fokus dan bangkit dari kesulitan dalam proses belajar. Pada saat ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki ketahanan diri guna menghadapi tekanan akademik dan sosial. Oleh karena itu, pengembangan ketahanan diri penting sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan Adversity Quotient pada prestasi belajar mahasiswa anggota BKKBM IIQ Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket. Adapun teknik analisis data menggunakan korelasi spearman, serta subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif anggota Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) IIQ Jakarta berjumlah 176 orang, dengan penarikan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling sebesar 30% dari jumlah populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adversity Quotient tidak memiliki korelasi atau hubungan yang signifikan pada prestasi belajar mahasiswa anggota BKKBM IIQ Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan korelasi spearman yang menunjukkan angka rs (0,059) dengan taraf signifikan 5%, dan dalam interpretasi sederhana menunjukkan sifat korelasi yang sangat lemah atau dianggap tidak ada hubungan. Maka dari hasil ini diperlukan faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar selain Adversity Quotient, seperti metode belajar, motivasi internal, kualitas pengajaran, serta lingkungan akademik yang kondusif agar prestasi belajar optimal dapat dicapai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Adversity Quotient en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject BKKBM IIQ Jakarta en_US
dc.title Hubungan Adversity Quotient Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Anggota Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakart en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account