DSpace Repository

Strategi Sima’an sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hafalan dalam Konteks Pendidikan di Pesantren Kampoeng Tahfidz Cilik Cinere Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Suryati, 21312469
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:35:57Z
dc.date.available 2025-11-26T05:35:57Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4374
dc.description.abstract Strategi sima’an merupakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tahfiz di lingkungan pesantren sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri. Di Pesantren Kampoeng Tahfidz Cilik Cinere Depok, sima’an bukan hanya sekadar aktivitas penyetoran hafalan, tetapi menjadi strategi yang terstruktur dalam membangun kebiasaan murojaah, mendisiplinkan santri, dan menanamkan tanggung jawab dalam menjaga hafalan. Kegiatan tahfiz yang dilakukan oleh anak-anak menuntut pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Oleh karena itu, strategi sima’an menjadi relevan karena melibatkan praktik menghafal secara berulang dan aktif, serta memperkuat daya ingat melalui interaksi sosial antar santri. Kualitas hafalan diukur melalui indikator kelancaran, ketepatan tajwid, kekuatan daya ingat, serta dilengkapi dengan konsistensi penyetoran. Dalam konteks pendidikan pesantren, sima’an turut menjadi upaya pembentukan karakter dan nilai kedisiplinan sejak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokusnya adalah mengkaji strategi sima’an, kualitas hafalan yang dihasilkan, serta peran pesantren sebagai institusi pendidikan Islam dalam membentuk kebiasaan belajar Al-Qur’an yang mendalam dan berkelanjutan. Sebagai bentuk inovasi dalam strategi sima’an, pendekatan Cooperative Learning diterapkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan menekankan kolaborasi antar santri, strategi ini mendorong partisipasi aktif, rasa tanggung jawab bersama, serta menciptakan suasana belajar yang kondusif. Hal ini menunjukkan bahwa Cooperative Learning bukan hanya relevan, tetapi juga strategis untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan tahfiz di pesantren. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Simaan en_US
dc.subject Cooperative Learning en_US
dc.subject Kualitas Hafalan en_US
dc.subject Pendidikan Pesantren en_US
dc.title Strategi Sima’an sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hafalan dalam Konteks Pendidikan di Pesantren Kampoeng Tahfidz Cilik Cinere Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account