DSpace Repository

Implementasi Media Pembelajaran Educaplay Dan Baamboozle Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.author Fira Sari Islami, 21312382
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:41:04Z
dc.date.available 2025-11-26T05:41:04Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4375
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena belum optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Sinar Cendekia, Tangerang Selatan, yang dalam beberapa semester sebelumnya masih terdapat sejumlah siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, pelaksanaan pembelajaran mengalami kendala seperti pergantian guru dan kurangnya variasi media pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan media pembelajaran Educaplay dan Baamboozle. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VIII setelah mengikuti pembelajaran PAI dengan media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek kepala sekolah, wali kelas, guru PAI, siswa kelas VIII, dan wali siswa. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kedua media tersebut mendukung peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan ketika observasi Asesmen SAS Ganjil sebelumnya. Hasil implementasi media pembelajaran Baamboozle menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM lebih tinggi dibandingkan Educaplay. Dari kedua media tersebut siswa yang tidak mencapai nilai KKM pada Baamboozle hanya 1 siswa dengan prsentase ketuntasan belajar mencapai 83,3%. Sedangkan Educaplay terdapat 5 siswa dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 96,6%. Meski demikian, keduanya dinilai efektif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, variatif, dan memudahkan guru dalam evaluasi pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Educaplay dan Baamboozle en_US
dc.subject PAI en_US
dc.title Implementasi Media Pembelajaran Educaplay Dan Baamboozle Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account