DSpace Repository

Strategi Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman PAI Berbasis Multiple Intelligences Di MTs Pembangunan Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasanah
dc.contributor.author Lulu Olivia, 21312410
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:46:21Z
dc.date.available 2025-11-26T05:46:21Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4376
dc.description.abstract Pembelajaran efektif dan efisien dicapai dengan strategi yang sesuai cara belajar siswa, salah satunya adalah strategi berbasis multiple intelligences yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan pemahaman PAI berbasis multiple intelligences dan kendala yang dihadapi ketika melaksanakan strategi multiple intelligences. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 5 informan yaitu: Kepala Sekolah, Guru, dan 3 Siswa MTs Pembangunan. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi, dan klasifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI berbasis multiple intelligences melalui (1) melakukan tes DAMI dan mengelompokkan jenis kecerdasan yang sama di satu kelas (2) membangun hubungan yang baik antara guru dengan murid selama proses pembelajaran (3) guru memperhatikan, merespon, dan memberikan apresiasi kepada peserta didik (4) menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kecerdasan masing-masing peserta didik (5) memastikan adanya dampak yang langsung terlihat setelah pemberian materi dan dampak tidak langsung yang terlihat. Kendala yang dihadapi ketika melaksanakan strategi pembelajaran multiple intelligences pada mata pelajaran PAI (1) ketika masuk di jam rawan seperti setelah istirahat (2) di jam mendekati waktu pulang sekolah, guru sesekali mendapati peserta didik kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, mengantuk, dan sulit memahami materi yang disampaikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject Multiple intelligences en_US
dc.title Strategi Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman PAI Berbasis Multiple Intelligences Di MTs Pembangunan Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account