Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Insan Nurul Fikri Bedahan.
Metode Ummi adalah pembelajaran Al-Qur’an yang menekankan aspek tartil,
tajwid, serta penanaman adab Qur’ani melalui strategi pembelajaran klasikal
dan individual.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi
deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa kelas IV, Kepala Sekolah,
Ketua Yayasan, dan Guru. Kegiatan penelitian dilakukan sejak bulan Februari
2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam
dengan guru Al-Qur’an, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi
dilakukan secara terstruktur melalui mekanisme tilawah, talqin, murojaah,
evaluasi bacaan, serta pembiasaan adab selama proses halaqah berlangsung.
Guru berperan sebagai model bacaan dan pembina karakter yang tidak hanya
memperhatikan kemampuan teknis membaca Al-Qur’an, tetapi juga membina
kedisiplinan, kesopanan, dan ketelatenan siswa. Evaluasi hasil dari penerapan
metode Ummi dilakukan secara komprehensif melalui ujian tahsin dan tahfiz,
serta penilaian proses berdasarkan kehadiran, adab, dan keterlibatan siswa
dalam murojaah. Metode Ummi terbukti mempermudah siswa dalam
memahami dan menerapkan kaidah bacaan Al-Qur’an serta meningkatkan
ketekunan dan minat belajar mereka. Dengan pendekatan metode langsung
(direct methode), diulang-ulang (repeatation), kasih sayang yang tulus
(affection), dan pembinaan yang intensif, metode Ummi berhasil menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna, serta menunjukkan
capaian hasil belajar yang memuaskan baik dari segi kualitas bacaan, hafalan,
maupun karakter peserta didik.