DSpace Repository

Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran AlQur’an di SD Insan Nurul Fikri Bedahan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.author Syulatul Qolbi Djamilah Hasmi, 21312473
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:49:29Z
dc.date.available 2025-11-26T05:49:29Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4377
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Insan Nurul Fikri Bedahan. Metode Ummi adalah pembelajaran Al-Qur’an yang menekankan aspek tartil, tajwid, serta penanaman adab Qur’ani melalui strategi pembelajaran klasikal dan individual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa kelas IV, Kepala Sekolah, Ketua Yayasan, dan Guru. Kegiatan penelitian dilakukan sejak bulan Februari 2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dengan guru Al-Qur’an, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi dilakukan secara terstruktur melalui mekanisme tilawah, talqin, murojaah, evaluasi bacaan, serta pembiasaan adab selama proses halaqah berlangsung. Guru berperan sebagai model bacaan dan pembina karakter yang tidak hanya memperhatikan kemampuan teknis membaca Al-Qur’an, tetapi juga membina kedisiplinan, kesopanan, dan ketelatenan siswa. Evaluasi hasil dari penerapan metode Ummi dilakukan secara komprehensif melalui ujian tahsin dan tahfiz, serta penilaian proses berdasarkan kehadiran, adab, dan keterlibatan siswa dalam murojaah. Metode Ummi terbukti mempermudah siswa dalam memahami dan menerapkan kaidah bacaan Al-Qur’an serta meningkatkan ketekunan dan minat belajar mereka. Dengan pendekatan metode langsung (direct methode), diulang-ulang (repeatation), kasih sayang yang tulus (affection), dan pembinaan yang intensif, metode Ummi berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna, serta menunjukkan capaian hasil belajar yang memuaskan baik dari segi kualitas bacaan, hafalan, maupun karakter peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran Al-Qur’an en_US
dc.subject Kualitatif en_US
dc.subject Metode Ummi en_US
dc.subject Halaqah en_US
dc.subject Tahsin en_US
dc.subject Tahfiz en_US
dc.title Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran AlQur’an di SD Insan Nurul Fikri Bedahan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account