DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yanti Susanti
dc.contributor.author Lia Indrianti, 21312407
dc.date.accessioned 2025-11-26T06:47:58Z
dc.date.available 2025-11-26T06:47:58Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4381
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pembelajaran akidah akhlak di sekolah dalam membentuk karakter dan perilaku siswa. Materi pembelajaran yang diberikan masih berfokus pada ranah kognitif saja, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan. Akibatnya, siswa hanya mengingat materi yang diberikan tanpa menerapkannya langsung dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, proses pembelajaran masih bersifat pada guru, sehingga sulit bagi siswa dalam mengembangkan pemahamannya untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 1 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 56 responden. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dari soal posttest menunjukkan bahwa kelas ekperimen memperoleh nilai sebesar 77,18 Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 76,79 yang artinya nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan ratarata nilai kelas kontrol. Sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test yang didapat dari post-test yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,908 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha . yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Contextual Teaching and Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account