Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan media
sosial dikalangan pelajar, yang tidak hanya memberikan efek positif, tetapi
juga menimbulkan berbagai pengaruh negatif, penelitian ini bertujuan untuk
menguraikan peran guru PAI dalam mencegah dampak negatif yang
ditimbulkan oleh media sosial terhadap siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data yang
meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari
kepala sekolah, guru PAI dan lima siswa kelas VIII di SMPN 1 Parung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI secara aktif berperan
sebagai pendidik dalam menyampaikan ilmu pengetahuan sekaligus
menanamkan nilai-nilai Islam yang relevan dalam menggunakan media sosial,
pembimbing yang mendampingi siswa dalam menghadapi tantangan media
sosial, dan juga teladan dalam penggunaan media sosial. Namun efektivitas
peran tersebut masih terkendala oleh kurangnya pengawasan orang tua dan
keterbatasan jam Pelajaran PAI.