DSpace Repository

Peran Guru PAI Dalam Mencegah Pengaruh Negatif Media Sosial Pada Siswa di SMPN 1 Parung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Deby Aristawidya, 21312370
dc.date.accessioned 2025-11-26T07:00:11Z
dc.date.available 2025-11-26T07:00:11Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4386
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan media sosial dikalangan pelajar, yang tidak hanya memberikan efek positif, tetapi juga menimbulkan berbagai pengaruh negatif, penelitian ini bertujuan untuk menguraikan peran guru PAI dalam mencegah dampak negatif yang ditimbulkan oleh media sosial terhadap siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PAI dan lima siswa kelas VIII di SMPN 1 Parung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI secara aktif berperan sebagai pendidik dalam menyampaikan ilmu pengetahuan sekaligus menanamkan nilai-nilai Islam yang relevan dalam menggunakan media sosial, pembimbing yang mendampingi siswa dalam menghadapi tantangan media sosial, dan juga teladan dalam penggunaan media sosial. Namun efektivitas peran tersebut masih terkendala oleh kurangnya pengawasan orang tua dan keterbatasan jam Pelajaran PAI. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Guru PAI en_US
dc.subject hambatan en_US
dc.subject media sosial en_US
dc.subject etika digital en_US
dc.subject siswa SMP en_US
dc.title Peran Guru PAI Dalam Mencegah Pengaruh Negatif Media Sosial Pada Siswa di SMPN 1 Parung en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account