Abstract:
Huruf hijaiah adalah huruf Arab yang dimulai dari Alif (۱) hingga
Ya (ي(, yang berjumlah dua puluh sembilan, dan disebut sebagai huruf
hijaiah. Maka dari itu mempelajari huruf hijaiah sangat penting karena
mempengaruhi bacaan Al-Qur’an anak. Penelitian ini bertujuan untuk
menjabarkan tentang penerapan media kartu bergambar dalam
meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiah anak.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
jenis deskriptif. Sebjek penelitian yaitu, kepala sekolah dan guru kelas TK A.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi,
wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digun akan
ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kartu
bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiah anak di
TK Yasmin Jatikramat Bekasi dapat berjalan baik dengan melakukan. 1.
guru menunjukkan gambar yang sesuai dengan tema. 2. guru menyiapkan
dan membagikan kartu huruf dan 3. guru menunjukkan kartu huruf dan
melafalkannya. Dalam menunjukkan kartu huruf hijaiah anak sudah bisa
menjawab dan melafalkanya, anak juga teratur dalam menerima kartu yang
dibagikan guru. Dalam bermain kartu huruf hijaiah baik dalam melafalkan
dan menjawab anak bersemangat sampai ada yang berebutan karna anak
seusia sekarang butuh permainan, bisa juga bermain sambil belajar.
Kemudian menyebutkan huruf hijaiah dan menuliskan huruf hijaiah, dalam
menyebutkan huruf hijaiah satu persatu anak sudah mulai lacar tanpa melihat
kartu. Dalam menulis huruf hijaiyah anak masih mengunakan buk u gambar
sebagai panduan bagi mereka tetapi ada beberapa huruf hijaiah yang anak
sudah bisa menulis tampa melihat panduan buku atau kartu gambar.