DSpace Repository

Penerapan Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiah Anak Usia 4-5 Tahun di TK Yasmin Jatikramat Bekasi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hulailah Istiqlaliyah
dc.contributor.author Pofi Yulmi putri, 19320050
dc.date.accessioned 2025-11-26T07:41:29Z
dc.date.available 2025-11-26T07:41:29Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4390
dc.description.abstract Huruf hijaiah adalah huruf Arab yang dimulai dari Alif (۱) hingga Ya (ي(, yang berjumlah dua puluh sembilan, dan disebut sebagai huruf hijaiah. Maka dari itu mempelajari huruf hijaiah sangat penting karena mempengaruhi bacaan Al-Qur’an anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan tentang penerapan media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiah anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sebjek penelitian yaitu, kepala sekolah dan guru kelas TK A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digun akan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiah anak di TK Yasmin Jatikramat Bekasi dapat berjalan baik dengan melakukan. 1. guru menunjukkan gambar yang sesuai dengan tema. 2. guru menyiapkan dan membagikan kartu huruf dan 3. guru menunjukkan kartu huruf dan melafalkannya. Dalam menunjukkan kartu huruf hijaiah anak sudah bisa menjawab dan melafalkanya, anak juga teratur dalam menerima kartu yang dibagikan guru. Dalam bermain kartu huruf hijaiah baik dalam melafalkan dan menjawab anak bersemangat sampai ada yang berebutan karna anak seusia sekarang butuh permainan, bisa juga bermain sambil belajar. Kemudian menyebutkan huruf hijaiah dan menuliskan huruf hijaiah, dalam menyebutkan huruf hijaiah satu persatu anak sudah mulai lacar tanpa melihat kartu. Dalam menulis huruf hijaiyah anak masih mengunakan buk u gambar sebagai panduan bagi mereka tetapi ada beberapa huruf hijaiah yang anak sudah bisa menulis tampa melihat panduan buku atau kartu gambar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kartu bergambar en_US
dc.subject Kemampuan membaca en_US
dc.subject huruf hijaiyah en_US
dc.title Penerapan Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiah Anak Usia 4-5 Tahun di TK Yasmin Jatikramat Bekasi en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account