DSpace Repository

Pembiasaan Gerakan Salat Berjamaah Dalam Meningkatkan Motorik Pada Anak Usia Dini di RA LabSchool IIQ Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasanah
dc.contributor.author Sabila Ambari, 21320088
dc.date.accessioned 2025-11-26T07:57:14Z
dc.date.available 2025-11-26T07:57:14Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4395
dc.description.abstract Di RA Labschool IIQ Jakarta, kegiatan meniru gerak dan pembiasaan salat berjamaah menjadi salah satu strategi dalam merangsang perkembangan motorik dan karakter religius anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembiasaan gerakan meniru gerak dan salat berjamaah dalam meningkatkan perkembangan motorik dan karakter anak usia dini di RA Labschool IIQ Jakarta. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa. Observasi langsung terhadap aktivitas anak di kelas sebagai indikator perkembangan motorik dan dokumentasi. analisis data menggunakan reduksi data Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan meniru gerakan salat berjamaah dapat mendukung perkembangan motorik anak usia dini secara optimal. langkah-langkah pembiasaan yang dilakukan di RA Labschool IIQ Jakarta sebagai berikut: pelibatan orang tua dalam menunjang kegiatan salat berjamaah, melakukan pengulangan guna memperkuat daya ingat anak terhadap urutan dan gerakan salat, anak-anak di ajak bermain peran salat berjamaah, menanamkan kebiasaan ibadah sejak usia dini dengan membangun kebiasaan salat berjamaah setiap hari, menumbuhkan rasa cinta dan ketaatan kepada Allah melalui kebiasaan salat berjamaah setiap hari, menanamkan pemahaman dasar mengenai salat, menyisipkan pemahaman keagamaan yang bersumber dari hadis-hadis nabi, menciptakan suasana yang kondusif dengan membantu anak membentuk pola pikir yang otomatis sehingga gerakan salat dan tata caranya menjadi bagian yang melekat dalam keseharian, pemberian pujian secara verbal dan penghargaan sederhana pada anak yang mulai hafal gerakan salat atau melafalkan bacaan salat dengan benar. dari pembiasaan tersebut dapat disimpulkan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak usia dini di RA Labschool IIQ Jakarta sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang tepat, konsisten, dan menyenangkan yang dilakukan secara terpadu antara sekolah dan lingkungan keluarga salah satunya melalui pembiasaan salat berjamaah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Salat bejamaah en_US
dc.subject motorik halus en_US
dc.subject motorik kasar en_US
dc.title Pembiasaan Gerakan Salat Berjamaah Dalam Meningkatkan Motorik Pada Anak Usia Dini di RA LabSchool IIQ Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account