Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan
teknologi digital sebagai metode pembelajaran. Salah satu media yang
dianggap memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran yang
inovatif dan menarik adalah YouTube, karena platform ini memungkinkan
penyajian materi secara interaktif dan visual. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penggunaan
YouTube dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an anak usia dini di
Subang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
korelasional. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada
orang tua anak usia dini yang berada di Desa Ciasem Tengah sebanyak 112
orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan software SPSS 25.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh nilai koefisien
korelasi sebesar 0,835 dan nilai signifikansi sebesar 0,00, yang lebih kecil
dari 0,05. Selain itu, hasil uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 13,997
yang lebih besar dibandingkan t tabel (1,680), maka hipotesis diterima. Hal
ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh YouTube terhadap kemampuan
menghafal Al-Qur’an anak usia dini di Subang.